Tuesday, May 28, 2013

Cara Disable Iptables Linux CentOS

Cara Disable Iptables Linux CentOS. Iptables adalah suatu tools dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filter (penyaringan) terhadap (trafic) lalulintas data. Secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalulintas data. Dengan iptables inilah kita akan mengatur semua lalulintas dalam komputer kita, baik yang masuk ke komputer, keluar dari komputer, ataupun traffic yang sekedar melewati komputer kita.

Sebenarnya bila kita sudah mengerti iptables dalam lingkup security sangat bagus untuk digunakan, tetapi terkadang untuk para pengguna linux pemula sangat menyulitkan dan menggangu proses pembelajaran, seperti ketika instal lampp web server maka harus dibukakan beberapa port yg dibutuhkan. Oleh karena itu saya ingin memaparkan sedikit tips dan trik yaitu Cara Disable Iptables Linux CentOS.
  1. Buka terminal anda dan login menggunakan root.
  2. Cek terlebih dahulu kondisi saat ini apakah services iptables dalam keadaan Enable atau Disable dengan cara ketikkan perintah seperti dibawah ini :
    service iptables status
    Jika ketika anda menuliskan "service iptables status" tampilannya sama dengan gambar yang diatas berarti service iptables anda masih enable atau dapat dikatakan masih aktif.
  3. Setelah kita lakukan pengecekan dan ternyata service iptables masih aktif tahapan selanjutnya adalah menyimpan dan mendisable service iptablesnya dengan cara menuliskan perintah seperti dibawah ini :
    /etc/init.d/iptables save
    /etc/init.d/iptables stop
  4. Setelah kita disable atau matikan servicenya pastikan cek kembali status servicenya dengan cara menuliskan kembali perintah "service iptables status".
  5. Untuk tahapan terakhir yaitu mendisable iptables agar tidak kembali aktif ketika booting / restart dengan cara menuliskan perintah seperti dibawah ini :
    chkconfig iptables off
Semoga artikel Cara Disable Iptables Linux CentOS ini bermanfaat. Terima Kasih.
Baca juga artikel Cara Auto Start Xampp di Linux Centos.


EmoticonEmoticon