Tuesday, September 12, 2017

Cara Mount Cd Rom Di Linux RedHat 7

Cara Mount Cd Rom Di Linux RedHat 7. Ketika kita memasukkan CD-ROM / ISO ke linux itu tidak bisa langsung untuk digunakan untuk mengambil data didalamnya. Harus dilakukan mount terlebih dahulu. Mount itu sendiri adalah perintah untuk menempelkan atau mentautkan media (hardisk, flashdisk, MMC, MicroSD, CD-ROM, ISO, dll) ke dalam directory yang kita inginkan. Langkah-langkah untuk mount CD-ROM dilinux RedHat seperti berikut ini :
  1. Persyaratan. Syaratnya adalah kita harus masuk sebagai akses istimewa pada sistem RedHat yaitu sebagai root.
    # - Membutuhkan perintah yang diberikan untuk dieksekusi dengan hak root baik secara langsung sebagai root user atau dengan menggunakan perintah sudo.
    $ - Perintah yang diberikan untuk dieksekusi sebagai pengguna non-privilege biasa.

  2. Mendeteksi lokasi perangkat, biasanya lokasi perangkat jika sudah dimasukkan akan berada di '/dev/cdrom' atau '/dev/sr0'.
    '/dev/cdrom' atau '/dev/sr0'
    Untuk menteksi perangkat ketikkan perintah dibawah ini :
    blkid /dev/cdrom atau blkid /dev/sr0
    Sudah terdekteksi dengan keterangan pada gambar diatas.
  3. Create mount point sementara, Selanjutnya, buatlah sebuah direktori baru atau gunakan yang ada untuk dijadikan mount point :
    mkdir /media/cdrom
  4. Mount CD/DVD untuk sementara :
    mount /dev/cdrom /media/cdrom
    or
    mount /dev/sr0 /media/cdrom
  5. File CD / DVD Anda sekarang seharusnya sudah dapat diakses, coba untuk menuju folder /media/cdrom dan lihat didalamnya :
  6. Membuat mount poitn permanen dengan fstab, Di atas akan me-mount ROM CD / DVD Anda hanya sementara. Untuk membuat mount ini permanen setelah reboot edit /etc/fstab file konfigurasi dengan menambahkan baris berikut menggantikan UUID agar sesuai dengan keluaran perintah blkid Anda sebelumnya:
    UUID=2014-07-11-16-02-47-00             /media/cdrom   iso9660 ro,user,auto  0 0
     Untuk prakteknya silahkan lihat video dibawah ini : 


EmoticonEmoticon