Tuesday, September 26, 2017

Cara Merubah Hostname Linux Ubuntu Server

Cara Merubah Hostname Linux Ubuntu Server. Nama host atau Hostname adalah nama suatu komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah. Berikut cara merubah hostname pada linux ubuntu server :

  1. Masuk ke terminal sebagai root.
    sudo su - root
  2. Lakukan cek hostname saat ini sebelum dilakukan penggantian dengan perintah dibawah ini :
    hostname
    Pada gambar di atas terlihat hostname pada saat ini adalah "belajarlinux".
  3.  Setelah itu edit file "/etc/hostname", pada file ini terdapat penamaan hostname dan ganti hostname yang lama dengan hostname yang baru dengan perintah :
    vim /etc/hostname

     
    Disini kita menggunakan vim untuk mengeditnya, setelah masuk dengan perintah vim "/etc/hostname" tekan "i" untuk melakukan edit. Rubah hostname yang lama dengan yang baru, setelah dirubah hostnamenya tekan "esc" dan ketik "wq!" untuk menyimpan perubahan konfigurasi dan langsung keluar dan kembali ke root terminal. Pada contoh disini kita merubah hostname "belajarlinux" menjadi "belajarlinux2" (Untuk praktek lengkapnya lihat video dibawah)
  4. Setelah langkah diatas lalu edit hostsnya disamakan dengan hostname yang tadi dirubah dengan cara edit file "/etc/hosts" :
    vim /etc/hosts

     
    Disini juga menggunakan vim untuk mengeditnya. Lakukan langkah yang sama seperti langkah diatas untuk edit dan menyimpan konfigurasinya.  

  5. Terakhir, REBOOT ubuntu server.
Untuk lebih lengkapnya lihat video dibawah ini :



EmoticonEmoticon